Monday, April 28, 2014

Proses Cara Daftar Masuk I’dad LIPIA Jakarta

[Sedikit Info hasil copas dari fb infolipia, dengan sedikit penyesuaian]

Melihat banyak yang bertanya masalah ini, saya akan share pengalaman saya waktu daftar LIPIA, sekitar 6 tahun lalu. Begini cara kamu daftar ke LIPIA bagi yang belum tahu:
1.  PERSIAPKAN BERKAS
Jangan ada yang tertinggal sedikit pun.. Karena jika satu saja berkas tidak terpenuhi, biasanya kamu akan disuruh pulang balik, dan disuruh dateng lagi besok.
Saya l
ihat waktu itu banyak yang nasibnya kaya begitu, dan bahkan ada kawan dari Timor Timur - saat itu- sudah nunggu lama dipanggil saat pendaftaran, dan sudah siap dengan seluruh berkas, eh pas dipanggil ditanya visa. Dan dia lupa bawa Visa. Langsung suruh pulang lagi deh..
Biasanya, untuk anak pribumi, ini berkasnya dari tahun ke tahun:
1. Foto copy ijazah SLTA/sederajat yang sudah
dilegalisir (dengan menyertakan ijazah asli)
2. Transkip nilai tahun terakhir yang sudah
dilegalisir
3. Foto copy KTP
4. SKCK yang telah dilegalisir dengan
menyertakan yang asli ( yang asli dibawa ya..)
5. Surat keterangan sehat
6. Pass foto : 2×3, 3×4 dan 4×6 (masing-masing 3
lembar)
6. Surat rekomendasi (tazkiyah) dari lembaga atau
tokoh masyarakat
2.    DATANG DIHARI H, KALO BISA SEPAGI MUNGKIN 
Kenapa begitu?? Karena pas daftar, gak langsung kluyur masuk, trus kasih berkas, langsung get-out, enjoy slonong boy tanpa dosa. Nooo no, gak bisa begitu.
Tapi
, pas mau daftar kamu minta nomer pendaftaran dulu, biasanya di pak satpam.. 
Nah pengalaman saya, saat hari H, datang ke LIPIA jam 8.. Tapi ternyata eh ternyata.. no
mor antriannya udah habiiiiis... Grrrrrr.
Dengan terpaksa saya dateng l
ag besok.. Jam setengah 6 malahan..
Dan Alhamdulillah k
alo gak salah dapet no. antriannya 101, dan dipanggilnya sekitar jam 10 an. Jadi, kalau bisa habis subuh langsung.
3.    MINTA FORMULIR
Kayanya yang ini ke satpam juga. Kamu isi deh dengan sejujur-jujurnya. Gampang kok. Ada versi latinnya juga.
4.    TUNGGU DENGAN SABAR DAN JANGAN KEMANA-MANA
Nah pas kamu udah dapat nomor antrian, kamu udah lewatin step 1 dengan lega. Tinggal tunggu nomor antrian kamu dipanggil.. 
Biasanya penerimaan berkas ada di
gedung B lantai dasar, di depan pintu ada pak satpam yang gak gentar ngomelin orang yang berdesek-desakan atau duduk-duduk ala warteg depan pintu. Jadi kamu sabar aja duduk dengan manis di serambi, atau kalau kira-kira nomor kamu dipanggilnya masih lama, kamu bisa ke kantin atau keluar dulu. Eit,  tapi usahakan jangan kemana-mana, karena takutnya nomor kamu dipanggil, malah pas kamu gak ada.
5.     RAPIHKAN BERKAS
Nah, pas nomor antrian kamu dipanggil, selamat deh, kamu udah bisa bernafas lega untuk ke dua kalinya. Biasanya pak satpam panggil 10 orang langsung.. Nah, di tempat pendaftaran, kamu nanti akan disuruh merapihkan berkas kamu, foto taruh di mana, ijazah di mana dll.. Nah terus sang panitia panggil nomor kamu yang di dalem satu-satu. Pas kamu ngasihin berkas tetep berdoa ya.. Takutnya pas diperiksa ternyata.. Berkas kamu kurang.. Waaaaah... Paling kalau begitu ditegur dengan suara agak keras (biar yang lain tahu, maksudnya). Akhy saya dah bilang skck bawa yang asli”.. bla bla bla bla.. dan disuruh dateng lagi deh.. Glekss
6.  UCAP SYUKUR DAPET KARTU UJIAN
Nah di situ ditulis kapan ujian dilaksanain. Jadi, jangan buru-buru minta ujian langsung.. Kamu dapat kartunya aja dah bersyukur. Saat itu, saya baru tahu ujian kapan ya karena ada di kertas itu. Sebelumnya gak tahu..
7.  IKUTI UJIAN TULIS DENGAN SANTAI
In SyaAllah soal-soalnya mudah, tapi butuh kehati-hati-hati-hatian. Buanyak orang yang super optimis, eh, malah nangis gak diterima.. Banyak doa aja ya! Karena banyak juga yang ditanya kaifa haluk (pemisalan doang nih), malah jawab “ehh ehh ehh”, eh malah dia lulus. Qadarullah.
8.  TUNGGU PENGUMUMAN LULUS TES TULIS
Ini pun gak pasti kapan (inilah kekurangan LIPIA, masalah sosialisasi) yang penting standby aja, 3 hari setelah tes.
9.  KALAU SUDAH ADA PENGUMUMAN LULUS, IKUT TES LISAN DEH
Ini juga saya gak tahu masih ada pa nggak.. Tapi kayanya tahun-tahun kemarin, untuk idad dan takmily udah gak ada tes lisannya (tapi ini juga belum pasti, karena aturan di kampus LIPIA bisa saja berubah sewaktu-waktu, sesuai keputusan mudirnya). Kalau nama kamu ada di pengumuman, berarti kamu lulus dan selamat kamu udah diterima jadi mahasiswa LIPIA, bersyukurlah. Kalau enggak, ingat kawan, ilmu bukan di LIPIA saja. So, jangan bersedih ya!
Nah masalah tes lisan kayaknya gak ada. Tapi untuk persiapan, ndak ada salahnya ya bung.
Nah kalo
kamu mau tes lisan, saran saya:
1.
Jangan takut, santai aja lah yau. Baru dua tiga orang Arab yang nantangin..haha
2. Hafal Alquran 1 juz mah ya
, dan jujur aja! Jangan sampai, pas ditanya, jawabnya hafal 5 juz, tapi pas dites malah gak bisa. Benciii ini orang Arab macam begini..
3. Persiapan
buka-buka kamus, cari murodifaat (sinonim).. dan banyak baca buku Arab...
Saya inget, waktu itu saya ditanya hafalan Quran, dari mahad mana, alamat dll, terus yang beratnya suruh baca kitab gundul, kalo gak salah matan ghayah wa at-taqrib.. Trus ditanya murodifat. Trus ditanya apa itu ilmu maani, bacakan syair Arab dan hikmahnya, dan ditanya hadits mengusap khuff ( di luar dugaan soal masuk idad kaya mau lulus syariah..hehe)... Waduuuh saya langsung guguup. Tapi alhamdulillah bisa jawab dan lulus.
Udah ah cape ngetiknya. Ini cuma pengalaman aja ya. Mungkin agak berbeda..
Lagian
ini cerita 6 tahun yang lalu. Sekarang mungkin lebih mudah dan gak lebay kaya cerita saya.
Maakum an-najah, ya ikhwah!

5 comments:

  1. Assalamu 'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

    Ana tertarik bgt utk masuk lipia. Tapi apa mungkin ana yg sudah lulus s1 dan bukan dr kampus islam bisa daftar ke lipia? Kalo ana baca syarat pendaftarannya, ana sudah expired. Tapi apa mungkin ada kesempatan utk ana? Mungkin antum bs ksh saran. Karna ana tdk punya link dosen/alumni lipia. Mohon email ke ana nurmillati.hasbie@gmail.com. Syukron atas masukan dr antum. Wassalamu 'alaikum.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, keinginan dan niat merupakan modal utama, selanjutnya tinggal usaha.
    Mungkinkah yang sudah S1 bisa masuk LIPIA dg ijazah sudah expired?
    Bisa tidaknya, wallahu a'lam. Sebab, banyak kawan yang punya kondisi yg sama, tapi bisa saja masuk dan diterima. Terkait jalurnya, ana blm bisa kasih saran, selain mencari link. Jalur lain, kalau ana boleh kasih saran, minimal dua opsi:
    1. Masuk ke program kursus untuk para pemula dan umum. Jadwal belajarnya Sabtu-Ahad. Bedanya, bila Senin-Jumat yang formal ini dapat mukafaah dan buku free, di kursus tidak dapat uang saku (mukafaah), tapi kuliahnya free.
    2. Masuk ke Program Diploma Guru Bahasa Arab. Biasanya, melalui jalur lembaga pendidikan/ sekolah/kampus. Yaitu dg berbekal surat rekomendasi (tazkiyah) dari lembaga tersebut. Jadi, ente bisa ikut daftar program diploma sbg utusan lembaga tersebut. Kuliah di program ini hanya 1 tahun (2semester).
    Info selengkapnya, bisa buka: a) web resmi LIPIA http://www.lipia.org/ atau b) akun fbnya:https://www.facebook.com/KampusLipiaJakarta/
    Wallahu a'lam..
    Afwan

    ReplyDelete
  3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar

Ulasan Hasil Tantangan Menulis Bareng SLI di Hari Guru Nasional

Hasil Tantangan #NulisBarengSLI #HariGuruNasional2020 #SahabatLiterasiIAICirebon Beberapa hari yang lalu (23/11/2020) aku atas nama pribad...