Wednesday, December 18, 2013

Guruku yang Unik

Add caption
Hari M Ngaidin

Guru-guruku sangatlah bervariasi. Ada yang unik dan tidak biasa. Ada yang pemalu. Ada yang tampak kereng, dan masih banyak lagi yg lainnya. Terlalu banyak dan bervariasi, tidak akan cukup rasanya bila ditulis dalam status fb yang pendek ini. Bahkan, menulis tentang mereka akan bisa jadi satu buku tersendiri. Berbagai model itu memberi kesan tersendiri, dan tentunya akan banyak mempengaruhi khususnya bila aku berada di posisi seperti mereka, sebagai guru. Metode dan teknik mengajar mereka, bisa jadi, akan sedikit banyak diduplikasi.

Guruku yang unik diantaranya Ustadz Abdul Malik AA. Unik, bukan karena suara beliau yang serak-serak ngangenin. Bukan pula karena ketegasannya. Unik, khususnya dlm memberikan ulangan harian.
"Kawan-kawan, pada pertemuan yang akan datang kita ada ulangan."
Bahkan, terkadang, tanpa pemberitahuan sebelumnya, beliau langsung skak:
"Siapkan kertas kosong. Hari ini ulangan harian."
"hah?!" kawan-kawan tercengang, kaget bukan kepalang.

Pun, bukan karena alasan itu juga, yang buat beliau unik. Tapi, keunikan beliau....

Keunikan pak AMAA adalah dalam teknis ulangan, dalam memberikan soal. Beliau tidak menuliskan soal di atas papan tulis, apalagi memberikan naskah soal scra instan. Beliau mendiktekan soal-soal. Yang kuingat, biasanya 10 soal, dan esai semua. Dan, bukan ini keunikannya. Soal didektekan satu persatu. Saat siswa mengerjakan soal, beliau juga mengerjakan. Soal ke 2 akan diberikan setelah soal pertama diasumsikan tlah terjawab. Durasi tiap soal, berdasarkan selesainya beliau menjawab soal..


Dan begitu selanjutnya, hingga pada soal kesepuluh. Jika beliau telah menjawab soal kesepuluh. Siswa harus segera mengumpulkan lembar jawaban masing-masing. Selama sekolah dari TK-S2, baru beliau guruku yang menerapkan sistem ini. Banyak manfaat yang beliau pakai, al: 1) Siswa mau gak mau harus slalu siap menghadapi apapun, tidak hanya ujian, 2) Dengan durasi waktu seperti itu, siswa akan terbiasa dg deadline, 3) akan tampak mana siswa yg rajin dan mana yg suka blajar SKS.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentar

Ulasan Hasil Tantangan Menulis Bareng SLI di Hari Guru Nasional

Hasil Tantangan #NulisBarengSLI #HariGuruNasional2020 #SahabatLiterasiIAICirebon Beberapa hari yang lalu (23/11/2020) aku atas nama pribad...