Monday, December 30, 2013

Toleransi dan Membentengi diri

Toleransi dan Membentengi diri
Hari M Ngaidin
Bertoleransi itu sangatlah penting. Dengan mencari titik persamaan, bukan memperuncing perbedaan. Karena, kalau kita bicara perbedaan, setiap kepala punya maindset yang berbeda.. Jangankan Islam dengan Kristen, atau Ahlussunnah dg Syiah, NU dengan Salafy. Antara orang NU dengan orang NU saja ada perbedaan sikap dan pendapat. Antara Salafy dengan Salafy saja ada beda. Cukup Pahami apa yang kita yakini, dan pahami pemahaman orang lain. Kemudian, tenggang rasa dan toleransi.
Memperuncing perbedaan tidak akan ada ujungnya. Tentunya, Syiah mengaku benar dan salafi mengaku benar. Kristen mengaku benar. dan biarkan, kita memang harus meyakini apa yang kita imani. Hidayah itu dari Allah, bukan dari kita. Kita semua berijtihad (dan bisa jadi cuma taklid).. 

Boleh kita tidak setuju dengan Syi'ah, dengan berbagai penyimpangannya.. Tapi, karena mereka juga bagian dari NKRI, mereka warga negara RI. Maka, mereka patut mendapatkan hak sebagai warga negara dan mendapatkan jaminan UUD 1945 ttg kebebasan beragama dan berkeyakinan. Dan, Islam menjamin kebebasan dalam beragama dan berkeyakinan.
Salam toleransi dan tenggang rasa
Cara terbaik untuk membentengi diri, menurut saya, adalah dengan memahami keyakinan dan agama sebagaimana yang kita yakini benar dan memberikan pemahaman itu kepada keluarga dan jamaah kita, serta memahami apa yang diyakini orang lain. Maka, otomatis, kita tidak akan mudah terpengaruhi oleh pemahaman yang dianggap menyimpang..

Kita pelajari dan melakukan apa yang kita yakini benar. Tak perlu mengusik kepercayaan orang lain yang tidak sepahaman dengan kita. Tak perlu ada sikap yang tidak bersahabat dengan sesama, apalagi sesama muslim. Kita muslim, penebar kedamaian dan keselamatan... Apalagi ini NKRI, ada UU dan Pancasila..
Cirebon, 31/12/2103

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentar

Ulasan Hasil Tantangan Menulis Bareng SLI di Hari Guru Nasional

Hasil Tantangan #NulisBarengSLI #HariGuruNasional2020 #SahabatLiterasiIAICirebon Beberapa hari yang lalu (23/11/2020) aku atas nama pribad...