Friday, February 14, 2014

Kelas Bahasa Arab

Mau bisa ngomong dan nulis Bahasa Arab?

oleh Hari M Ngaidin

Dalam kelas mengarang bahasa Arab (إنشاء /تحريري) malam Senin dan kursus Arabic Jum'at pagi di sebuah pesantren, saya jarang sekali berbicara teori, baik dalam mengarang ataupun berbicara bahasa Arab, mungkin paling banyak 20%. Saya bilang pada mereka, "Kalau mau bisa ngarang bahasa Arab, rajin-rajinlah menulis dengan bahasa Arab! Minimal seminggu sekali kalian tulis satu judul karangan, syukur-syukur setiap hari nulis."

Setiap pertemuan, saya bertanya kepada mereka, "Siapa yang punya tulisan, saya koreksi."
Dan ternyata, alhamdulillah, ada saja yang nyetor dan saya koreksi. Dan, bukan lihat pada hasil dan kualitas tulisan, tapi bagaimana istiqamahnya dalam berusaha.Terbukti, yang rutin nyetor tulisan tiap pekan untuk dikoreksi, karyanya berupa naskah drama dan tulisannya bisa jadi materi khithabah sudah bisa dinikmati pada malam penampilan kreasi santri kemarin malam. Walau bagaimanapun hasil dan kualitasnya. Ala kulli hal, alhamdulillah.

Saya bilang kepada mereka, "Kalau mau bisa berbicara bahasa Arab (تعبير شفوي/ الكلام), biasakan berbicara dg bahasa Arab, minimal dengan para peserta kursus, kalau perlu buat komunitas."Dan, alhamdulillah, meskipun tanpa kordinasi dan komunikasi terlebih dahulu dg saya, mereka, para santri bahasa Arab sudah memutuskan tuk menyematkan nama "komunitas santri pecinta Bahasa Arab", meskipun baru komunitas kecil, tak sampai 10 santri. Semoga yang lain akan menyusul, kemudian.

Dan yang harus diingat, saat menulis atau berbicara dg berbahasa Arab, tak usah kita pusing dg tata aturan nahwu dan sharaf dulu. Karena banyak yang jago Nahwu sharaf, yang tak bisa berbicara Arab. Banyak yang jago Nahwu sharaf yang masih salah (walau dikit) nahwu sharafnya. So, jangan pernah takut atauun malu bila salah. Sering kali, ilmu yang berawal dari kesalahan, akan tersimpan lebih dalam memori otak kita.


Walhamdulillah, meskipun cuma nebeng khidmah beberapa bulan saja, semoga beri dampak positif dan bermanfaat.


Semoga istiqamah.
هيا هيا يا إخوة بالعربية
هي لغة القرآن وأهل الجنة
نحن نصلي بالعربية
نقرأ القرآن بالعربية
بالعربية نحن في الجنة

Practice makes perfect!

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentar

Ulasan Hasil Tantangan Menulis Bareng SLI di Hari Guru Nasional

Hasil Tantangan #NulisBarengSLI #HariGuruNasional2020 #SahabatLiterasiIAICirebon Beberapa hari yang lalu (23/11/2020) aku atas nama pribad...