Friday, October 7, 2016

Memaknai Wukuf di Arafah

Ibadah itu bernama wukuf, yang berarti berhenti. Pada hari ini tangal 9 Dzul Hijjah, jutaan umat manusia tumplek blek (tumpah ruah), berhenti sejenak dalam satu tempat bernama lembah padang Arafah. Manusia dari berbagai penjuru dunia, berbagai suku bangsa, dengan ragam warna kulit dan bahasa bertemu, agar saling mengenal dan memahami suatu niscaya, ialah perbedaan. Berbeda maka mengenal, lita’arafuu.

“Hai manusia, sungguh telah Kami ciptakan kalian dari jenis (berbeda, laki-laki dan perempuan, dan Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian SALING MENGENAL. Sungguh, yang paling mulia di antara kalian bagi Allah adalah ia yang PALING BERTAKWA.” 


Image result for wukuf di arafah 2016
Wukuf di Arafah merupakan ibadah "napak tilas" pertemuan antara dua insan pertama yang berbeda jenis kelamin, laki-laki dan perempuan, Adam dan Hawa (Eve), setelah diturunkan ke muka bumi, terpisah. Wukuf berarti REUNI para anak cucu Adam.

Wukuf berarti perayaan atas kesetaraan umat manusia. Yang kaya dan yang miskin, kaum jelata dan para pemimpin berkumpul dalam satu tempat tanpa tembok pemisah, selain tenda. Semua itu dilaku dengan niat hanya karena Allah, berhrap ridha dan cinta-Nya. Mengenal manusia, makhluk-Nya dalam rangka mengenal Penciptanya. Semoga.

Inilah inti ibadah haji. Haji itu mengenal dan memahami. Haji itu Arafah. Haji itu wukuf di Arafah. Tiada haji tanpa wukuf.

#SelamatBeribadahWukuf
#SelamatBerpuasaArafah
09 Dzul Hijjah 1437 H/ 11 September 2016 M

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentar

Ulasan Hasil Tantangan Menulis Bareng SLI di Hari Guru Nasional

Hasil Tantangan #NulisBarengSLI #HariGuruNasional2020 #SahabatLiterasiIAICirebon Beberapa hari yang lalu (23/11/2020) aku atas nama pribad...